Posted on Leave a comment

Menperin: Nike Bakal Alihkan Produksi ke Indonesia

Produsen sepatu dunia, Nike berencana untuk mengalihkan pesanannya produk sepatunya ke Indonesia. Hal ini seiring dengan meningkatkan permintaan di dalam negeri.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, pihaknya telah bertemu dengan Nike terkait pengalihan ini. Rencana tersebut kini masih terus dibahas dan dimatangkan.

“Sedang dibahas. Terutama mereka sedang menyampaikan intention untuk mengisi tambahan demand,” ujar dia di Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Selama ini, sepatu Nike memang telah diproduksi di Indonesia. Biasanya Nike menentukan produk untuk diproduksi oleh perusahaan-perusahaan alas kaki yang ada di Indonesia sebagai perusahaan subkontraknya atau biasa disebut makloon.‎

Namun karena permintaan terus meningkat di Indonesia, maka perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut akan menambah ordernya dari Indonesia.

“Mereka akan memberikan kesempatan untuk Indonesia,” kata dia.

Menurut Airlangga, selain Nike, ada sejumlah produsen lain yang juga akan berproduksi di Indonesia. Namun dia masih enggan menjelaskan lebih rinci terkait hal tersebut.

“Beberapa brand yang lain. Untuk otomotif akan ada tambahan kapasitas. Kemudian di sepatu juga ada tambahan, garmen juga,” tandas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *